Top Ad unit 728 × 90

Berita Terbaru

recentposts

Habis Simulasi Terbitlah PAT

Menjelang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Kemendikbud melalui Pusat Asesmen dan Pembelajaran memberikan kesempatan kepada seluruh sekolah di seluruh Indonesia untuk melakukan gladi resik jenjang SMP/MTs Tahun 2020 dirangkaikan dengan sosialisasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Pelaksanaan gladi resik ini berlangsung dari tanggal 2 - 4 Maret 2020. 

Tujuan gladi resik UNBK Tahun 2020 adalah untuk memastikan aplikasi UNBK sudah berjalan dengan baik, infrastruktur di pusat dan di sekolah sudah siap dan berfungsi dengan baik. Tim pelaksana pusat, helpdesk, proktor, dan panitia sudah memahami tugas dan tanggungjawabnya masing-masing. Data infrastruktur meliputi jaringan internet, server, dan klien) serta data peserta berupa biodata, mata ujian, dan penempatan server sudah tercatat dengan lengkap dan benar.


Gladi Resik UNBK Tahun 2020
SMP Negeri 2 Sengkang sebagai satuan pendidikan turut serta dalam kegiatan gladi resik UNBK. Simulasi UNBK yang dilaksanakan tentu menyisahkan beberapa hal teknis yang perlu diperbaiki dan dibenahi sebelum pelaksanaan UNBK Tahun 2020 yang akan diselenggarakan pada bulan April nanti. Inilah yang menjadi tujuan pokok terlaksananya kegiatan simulasi. Apalagi SMP Negeri 2 Sengkang memiliki sarana dan prasarana yang memadai dengan laboratorium komputer yang dimiliki beserta jumlah komputer dan server yang mampu mem-backup seluruh siswa. 


Simulasi AKM Kepala Sekolah dan Guru
Menindaklanjuti konsep merdeka belajar Mas Nadiem mulai dari perencanaan, pembelajaran hingga penilaian, SMP Negeri 2 Sengkang sebagai penyelenggara ujian pada satuan pendidikan mengambil peran dengan mengikuti sosialiasi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Survei Karakter. Kegiatan tersebut diikuti ole siswa, kepala sekolah, dan guru-guru di SMP Negeri 2 Sengkang. Salah satu poin pentingnya adalah memperkenalkan kepada siswa dan guru bentuk dan model AKM dan survei karakter sebagai pengganti ujian nasional tahun 2021. Dengan diketahuinya bentuk soal AKM  dapat memberikan gambaran bagi guru bagaimana mengelola pembelajaran ke depannya dan bagaimana melakukan penilaian AKM dengan bentuk soal AKM.

Simulasi AKM dan survei karakter bagi guru mapel tanpa terkecuali memberikan informasi bahwa AKM merupakan penilaian lintas mata pelajaran sehingga nantinya dapat berkolaborasi dengan guru mapel lain dalam meramu dan mengemas pembelajaran yang lebih kontekstual. AKM dan survei karakter terdiri dari kemampuan bernalar menggunakan bahasa (literasi), kemampuan bernalar menggunakan matematika (numerasi), dan penguatan pendidikan karakter untuk memetakan kompetensi siswa dan guru serta pencapaian mutu pendidikan.

Penginputan Soal PAT oleh Guru Mapel
Habis simulasi dilanjutkan PAT (Penilaian Akhir Tahun) bagi siswa kelas IX berbasis komputer dengan menggunakan dua ruangan. Pelaksanaan PAT di SMP Negeri 2 Sengkang akan berlangsung mulai hari ini, Senin (09/03) hingga tanggal 14 Maret 2020. Penilaian akhir tahun diikuti oleh seluruh siswa kelas IX yang dibagi ke dalam empat sesi yang diawasi oleh masing-masing satu orang pengawas, proktor, dan teknisi. 


Pelaksanaan PAT Kelas IX
Kegiatan PAT terlaksana dengan aman dan lancar. Dengan pelaksanaan PAT berbasis komputer diharapkan dapat memberikan pengalaman terbaik bagi siswa dalam menghadapi UNBK pada bulan april.


Habis Simulasi Terbitlah PAT Reviewed by Negara Mangkubumi on Maret 09, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Literasi Pendidikan ©2018
Powered By Blogger, Designed by Negara Mangkubumi

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh enot-poloskun. Diberdayakan oleh Blogger.