Top Ad unit 728 × 90

Berita Terbaru

recentposts

Impianku Untuk Masa Depan Indonesia

Impianku Untuk Masa Depan Indonesia
Oleh : Muhasraf
SMP Negeri 2 Sengkang

Indonesia adalah Negara yang maju dan kaya akan keberagaman agama, ras, adat istiadat, dan suku bangsa yang sangat banyak. Negara yang memiliki  banyak kepulauan sehingga menjadi incaran Negara lain. Indonesia juga dikenal sebagai Negara yang memiliki sumber daya alam dan hasil lautan yang sangat melimpah. Sebagai seorang remaja SMP, saya memiliki mimpi setinggi langit dan mempunyai semangat hidup untuk sebuah perubahan besar agar Indonesia menjadi Negara yang semakin maju. Karena potensi bangsa Indonesia menjadi sumber semangat, mimpi, dan tujuan yang mampu memecahkan persoalan bangsa dan mampu menciptakan hal baru bagi bangsa Indonesia. Oleh karena itu, anak bangsa Indonesia harus memiliki skill, semangat menggapai cita-cita, dan kemauan yang besar untuk membuat suatu harapan yang memunculkan mimpi optomisme bagi bangsa Indonesia. Namun banyak permasalahan yang terjadi pada Negara ini, antara lain: tindakan korupsi, permasalahan antar suku bangsa, kasus terorisme, pemakaian narkoba, dan hilangnya rasa toleransi, kesadaran, dan rasa nasionalisme akibat perkembangan zaman yang sangat berkembang dengan pesat.
Perkembangan zaman yang sangat pesat ini memiliki dampak positif dan negatif. Penggunaan teknologi yang dapat membantu kehidupan ini dapat dimanfaatkan dengan maksimal untuk membangun Indonesia lebih baik. Untuk mewujudkannya, kita harus berpikir kreatif, inovatif dan bijak dalam menggunakan teknologi. Saat ini kita tidak bisa lepas dari teknologi, semakin berkembangnya teknologi, kita dituntut untuk menguasainya agar tidak gaptek (gagap teknologi). Banyaknya anak muda yang memanfaatkan teknologi seperti content creator yang awalnya iseng menggunakan youtube tetapi dapat berpenghasilan besar dari kegiataan tersebut merupakan contoh pemanfaatan teknologi dengan baik. Social media yang awalnya digunakan untuk saling berkomunikasi di dunia maya berubah menjadi media tempat mereka bereskpresi, berkarya bahkan menjadi ladang usaha. Dan semuanya dilakukan oleh anak muda bahkan mereka dapat dengan mudahnya  menembus pasar luar negeri . Hal ini merupakan sedikit dari banyaknya dampak positif  dari penggunaan teknologi yang harus kita kembangkan sebagai generasi muda untuk membangun Indonesia.     
Selain dari hal-hal positif tadi, tentu teknologi juga memiliki dampak negatif bagi kita generasi muda. Kita terkadang lupa dan terlena dalam penggunaan teknologi ini. Teknologi memang membuat kehidupan kita menjadi lebih mudah, tetapi hal-hal instan ini dapat membuat kita ketergantungan. Banyaknya game online yang membuat kita kecanduan sehingga mempengaruhi mental dan kesehatan kita jadi terganggu. Social media yang bisa membuat kita menjadi penyendiri dan tidak bisa bersosialisasi dengan teman-teman dan orang lain di kehidupan nyata. Banyaknya informasi-informasi yang beragam dan belum tentu kebenarannya (hoax) tersebar sehingga membuat kita generasi muda bisa saling membenci. Terlalu bebasnya orang-orang berkomentar dalam memberikan pendapat bahkan menggunakan kata-kata yang kurang sopan dapat mempengaruhi kita anak bangsa yang baru mencari jati diri menjadi ikut-ikutan. Kita sebagai generasi maju, generasi milenial harus betul-betul bijak dalam menggunakan teknologi, karena jika salah menggunakan teknologi kita dapat terjerumus kejalan yang salah.
Generasi muda Indonesia merupakan generasi penerus bangsa yang menjadi tonggak penting pembangunan Indonesia. Seperti kutipan Presiden pertama Republik Indonesia “Berikan aku sepuluh pemuda, niscaya akan kuguncang dunia untuknya”. Begitu berpengaruhnya kita sebagai generasi muda agar Indonesia dapat bersaing dengan bangsa lain. Kita generasi muda dapat saling bahu-membahu dan gotong royong untuk membangun serta mengharumkan bangsa Indonesia.
Permasalah lain bangsa kita saat ini adalah kurangnya rasa toleransi, seperti banyaknya perang antar suku yang membuat bangsa Indonesia terpecah belah. Rasa toleransi dan kesadaran berbangsa dan bertanah air merupakan PR besar bagi kita.  Saling menghormati satu sama lain, bersikap sopan kepada orang tua, teman dan kepada yang lebih muda semakin terkikis akibat kurangnya pendidikan karakter dalam beretika. Terlalu bebasnya kita dalam berkomentar dan berekspresi terkadang membuat kita lupa dalam bersikap. Pendidikan budi pekerti ini harusnya kita miliki sejak dini agar kita menjadi generasi yang berbudi luhur. Selain itu pendidikan agama juga sangat penting dalam membangun Indonesia agar kita menjadi generasi yang tahu etika dan tahu bersikap di lingkungan kita berada. Albert Enstein pernah berkata “Ilmu tanpa agama buta, agama tanpa ilmu lumpuh”. Disinilah pentingnya agama untuk melembari ilmu pengetahuan dan yang kedua perlunya ilmu dalam pengamalan agama.
Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk membangun Indonesia jadi lebih baik. Kita generasi milenial sebenarnya mampu bersaing dengan bangsa lain. Kita hanya butuh fokus, kerja keras pantang mundur dalam menggapai cita-cita kita. Maka dari itu kita perlu berjuang dan semangat untuk mengembangkan teknologi agar tidak tertinggal dari bangsa lain, tetapi tetap menjunjung tinggi sikap toleransi, etika dan moral terhadap sesama.
Mimpiku untuk Indonesia adalah generasi muda dapat mengharumkan bangsa Indonesia dengan cara mengembangkan teknologi dengan optimal dan seimbang serta mewujudkan generasi yang berbudi pekerti luhur. Yang tidak lupa berterima kasih kepada orang-orang yang telah berjuang untuk mewujudkan Indonesia yang damai dan sejahtera.
Kita generasi muda Indonesia, kita pasti bisa! Karena kita yakin bahwa, bersatu kita teguh bercerai kita runtuh. Tetap maju dan jaya negeriku. Indonesia pasti bisa!  


Impianku Untuk Masa Depan Indonesia Reviewed by Andi Darwisa Oktora on Desember 12, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Literasi Pendidikan ©2018
Powered By Blogger, Designed by Negara Mangkubumi

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh enot-poloskun. Diberdayakan oleh Blogger.