Top Ad unit 728 × 90

Berita Terbaru

recentposts

Kisah Nyata dan Inspiratif: "Takdir pada Segenggam Asa Seorang Guru"

Takdir pada Segenggam Asa Seorang Guru 
Penulis: Najmiah, S.Pd.,M.Pd.

Besar dan lahir dari keluarga sederhana merupakan ketetapan Allah Swt pada setiap manusia ciptaan-Nya. Sama halnya rezeki, jodoh, dan ajal seseorang hanya Allah Swt Yang Maha Tahu. Kisah perjalanan ini dimulai pada tahun 1995. Di mana masa itu adalah awal pengangkatanku sebagai seorang guru PNS di SDN 249 Rambatikala. Mungkin anak zaman sekarang tidak familiar dengan nama sekolah itu, tapi bagiku disinilah aku meniti karier. Sekolah terpencil yang berada di suatu desa dan sulit dijangkau kendaraan roda dua ataupun roda empat. Ada seorang gadis yang terbiasa dimanja oleh ayahnya yang telah lama didambakan kehadirannya dari 7 bersaudara sehingga segala curahan perhatian teruntuk padanya. 

Akhirnya gadis manjanya harus ia lepas untuk mengabdikan diri yang tak pernah dibayangkan sebelumnya berada pada tempat yang jauh dari keluarga. Aku pun tak menyangka jika penempatanku sebagai guru berada di tengah hutan cengkeh yang jauh dari keramaian. Kemewahan seperti di perkotaan tak akan ditemukan di sana. Listrik maupun jaringan telepon sekali pun bagai rasa manis cita rasa pahit yang bisa dirasakan waktu itu. Tapi entah dorongan dari mana, aku merasa betah berada di sana. 

Setiap pagi dan sore, aku mandi di sungai bersama warga desa dan siswa-siswiku, belajar memetik cengkeh, hingga memasak menggunakan kayu bakar dengan tungku terbuat tanah liat. Luar biasa alaminya kehidupan di desa itu. Di situlah aku menemukan diriku bahwa hidup itu tidaklah mudah seperti yang ada pada pikiranku selama ini. Aku baru sadar, inilah hikmah yang saya petik di Desa Rambatikala Kabupaten Luwu.

Dua bulan berlalu, Ayah Rum memaksaku untuk mutasi ke ibu kota kecamatan. 

Bersambung ...........


Kisah Nyata dan Inspiratif: "Takdir pada Segenggam Asa Seorang Guru" Reviewed by Negara Mangkubumi on September 06, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Literasi Pendidikan ©2018
Powered By Blogger, Designed by Negara Mangkubumi

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh enot-poloskun. Diberdayakan oleh Blogger.