Top Ad unit 728 × 90

Berita Terbaru

recentposts

Perayaan 1 Muharram 1441 Hijriah di Kota Santri

Perayaan 1 Muharram 1441 Hijriah Dikota Santri
Reporter:Ambo Intang dan Shafrilyanti Dwy Syaputri.f
Editor:Andi.Darwisa Oktora, S.Pd.

Sebagai umat Islam kita akan menyambut datangnya Tahun baru Islam 1441 Hijriah bertepatan pada Tanggal 1 September 2019.

Bulan Muharram merupakan salah satu bulan mulia.Beberapa riwayat yang menyinggung bulan Muharram menunjukkan bahwa bulan ini memiliki keistimewaan di sisi Allah.

1 Muharram adalah Tahun baru Islam awalnya ini ditandai dengan  peristiwa besar berupa hijrah Nabi Muhammad Saw dari kota Mekkah ke Madinah pada Tahun 622 Masehi.

Pemaknaan bulan Muharram 2019 berawal dari peristiwa hijrah.Pada zaman Rasul Allah peristiwa ini dilakukan sebagai strategi dakwah dan menanggapi situasi dan kondisi yang tidak kondusif pada masyarakat Mekkah.

Biasanya orang yang di Negara mayoritas muslim akan menyambut bulan Muharram.Dengan melakukan zikir,pawai,dan melakukan hal-hal yang bersifat keagamaan.

Seperti yang dilakukan masyarakat Kab.Wajo mereka berantusias melakukan pawai Hijratul Rasul semarak tahun baru Islam 1441 Hijriah dengan menyusun tema".Semarak tahun baru Islam 1441 Hijriah kita wujudkan masyarakat Wajo yang religius,maju dan sejahtera".Pawai Hijratul Rasul dilaksanakan di lapangan Merdeka Sengkang yang di ikuti dengan jumlah 14.024 peserta.Yang dihadiri oleh Organisasi Islam,rombongan belajar dari semua unsur dan perangkat daerah.Kegiatan seperti ini memang harus diangkat menjadi kegiatan Kota Santri.Karna mayoritas penduduk Kab.Wajo beragama Islam.

Dalam sambutan pelepasan dan sekaligus orasi yang dibawakan oleh Bupati Wajo,Dr.H.Amran Mahmud, S.sos,M.si.Menyampaikan pada kesemptana ini saya ingin mengajak bahwa momentum 1 Muharram peringatan tahun baru islam 1441 Hijriah kita akan bersama-sama membangun daerah Kab.Wajo dengan 4 sisi daerah kita ,1.Menjadikan masyarakat Kab.Wajo terdididk,yang ke-2 menjadikan masyarakat Wajo yang maju ekonominya,yang ke-3 menjadikan masyarakat Wajo yang cerdas dan pintar,ke-4 memiliki nilai-nilai keagamaan dan kearifan budaya yang kita miliki.

Dan saya juga berterimah kasih kepada DEKRANASDA Kab.Wajo yang sudah mempertahankan kearifan lokal Wajo seperti:Budaya malipa sabbe,gambus bugis massure,dan maccera arajang.Yang
menjadi warisan abdi negara.

Bapak Bupati Wajo,Dr.Amran Mahmud berharap bahwa untuk kedepannya kota ini bisa menjadi "Kota Santri" dan mampu berkolaborasi untuk mempercepat pembangunan daerah.

SMPN 2 Sengkang mengambil bagian dalam perayaan pawai Hijratul Rasul yang diikuti oleh hampir seluruh siswa-siswi dan guru-guru yang mendampingi setiap barisan,mereka sangat bersemangat dalam kegiatan perayaan ini.Kegiatan ini dilakukan untuk melatih keimanan dan ketaqwaan siswa SMPN 2 Sengkang,terhadap tuhan yang maha esa dengan menampilkan suasana yang religius dan kerja sama.






Perayaan 1 Muharram 1441 Hijriah di Kota Santri Reviewed by Andi Darwisa Oktora on September 07, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Literasi Pendidikan ©2018
Powered By Blogger, Designed by Negara Mangkubumi

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh enot-poloskun. Diberdayakan oleh Blogger.