Top Ad unit 728 × 90

Berita Terbaru

recentposts

Pembiasaan Berliterasi


Pembiasaan Berliterasi
Literasi, atau kata lainnya melek aksara. Kemampuan membaca, menulis, berbicara serta dapat memecahkan masalah. That’s the basic of study,  kemampuan dasar belajar. Kemampuan yang diperoleh dari pengalaman ataupun latihan. Pengalaman dan latihan tersebut yang diharapkan agar tercipta manusia yang mampu menghasilkan output yang baik.
Generasi milenial sekarang ini “kids zaman now” memiliki potensi besar dalam pengalaman dan latihan tapi tentu harus melewati bimbingan dari orang sekitarnya. Keseharian mereka tidak lepas dari teknologi. Teknologi membuat kehidupan sekarang ini lebih serba instan. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi para pendidik. Pro dan kontra dipastikan selalu ada. Teknologi membuat kehidupan jadi lebih mudah tapi disisi lain teknologi juga dapat membuat sebagian orang lupa diri.  Ada esensi-esensi penting yang harus diperhatikan atau diingat bahwa everything needs a process, terkadang kita lupa menghargai setiap proses itu.
Proses inilah yang berusaha kita biasakan kepada siswa dalam berliterasi. Bahwa dalam mencapai suatu tujuan butuh kerja keras, butuh pengorbanan. Jika mereka menganggap sudah mampu membaca dan menulis adalah literasi, tapi dalam keseharian mereka belum mampu menerapkannya. Bagaimana mereka dapat bersaing di kehidupan yang akan datang ? Kebiasaan membaca dan menulis mungkin bagi sebagian orang adalah hal sepele tapi jika kita tilik lebih dalam kemampuan ini merupakan hal yang paling kita andalkan dalam kehidupan ini. Kemampuan yang setiap hari kita gunakan. So why we don’t want to do it better ? Informasi saat ini begitu pesat, cepat dan beragam. Ketinggalan informasi berarti ketinggalan cerita, bahkan ketinggalan zaman. Informasi yang beragam ini tentu tidak harus kita telan mentah-mentah, karena bukan hanya berita benar, bahkan berita bohong atau hoax juga banyak. Hal seperti ini butuh kemampuan literasi yang baik. Jangan sampai kita juga ikut menyebarkan informasi yang belum tentu kebenarannya hanya karena kemampuan literasi kita yang kurang.
Kemampuan literasi harusnya dibiasakan sejak dini. Dimulai dari membaca beragam buku dan sering-sering menulis untuk menerapkan hasil latihan dan belajar. Hal ini yang berusaha kami upayakan untuk siswa-siswa SMP Negeri 2 Sengkang. Berbagai program sekolah kami rancang agar pembiasaan ini menjadi hal yang dapat memicu semangat belajar dan tentunya dapat menambah wawawan mereka. Dengan membaca mereka akan mendapat pengetahuan dan mengerti lebih banyak hal lainnya. Tidak dapat dipungkiri kemauan membaca siswa saat ini sangat kurang. Bahkan banyak dari mereka yang tidak mengenal beberapa kosa kata dalam bahasa Indonesia. Ini menjadi kendala tersendiri bagi mereka saat mengerjakan tugas sekolah karena masih banyak yang belum mengerti tentang kalimat-kalimat tertentu ataupun istilah-istilah dalam pelajaran mereka. Bahasa bersifat dinamis, setiap harinya ada saja kata-kata atau istilah yang muncul dan sering digunakan. Jadi kita harus benar-benar melek akan hal ini. Kalau tidak, kita akan ketinggalan.
Kegiatan dasar yang kami lakukan adalah berupaya memberi kesempatan kepada siswa yaitu 10 menit membaca sebelum pelajaran dimulai. Buku yang dibaca tidak ditentukan baik fiksi maupun nonfiksi, tapi tetap dalam pengawasan buku tersebut sesuai atau tidak layak untuk mereka baca. Kegiatan ini tentu memiliki rule tersendiri agar lebih terkontrol. Ada target yang harus mereka capai agar mereka lebih termotivasi untuk membaca. Masing-masing siswa mendapat kartu kontrol literasi. Dalam kartu kontrol tersebut berisi identitas dan bulan/minggu  yang harus diisi, kemudian mereka menulis sinopsis serta kata-kata sulit yg mereka dapatkan di dalam bacaan pada kolom yang tersedia. Kartu kontrol literasi ini akan rutin dikumpulkan tiap minggu. Target baca mereka dalam seminggu adalah 1 buku. Poin yang mereka dapatkan adalah 100 poin yang harus mereka pertahankan tiap minggunya. Jika tidak menyelesaikan 1 buku perminggu maka poin akan dikurangi 20 poin. Nilai ini akan menjadi nilai tambah di rapor pada pelajaran Bahasa Indonesia.




Kegiatan ini sudah berlangsung selama sebulan lebih. Mulai dari masuk tahun ajaran baru 2019/2020. Mereka telah menyelesaikan 4 judul buku selama sebulan ini. Progres membaca siswa dapat kita pantau dari terkumpulnya kartu kontrol dan daftar  jurnal baca mereka. Pepatah mengatakan “ala bisa karena biasa”. Hal ini merupakan langkah awal untuk membiasakan mereka membaca. Mungkin awalnya sulit, tapi kalau sudah terbiasa, tanpa sadar mereka akan melakukannya terus menerus. Mereka akan lebih terlatih dan mampu menyikapi setiap informasi yang diterima dari kebiasaaan membaca dan menulis ini. Program literasi kelas membaca 10 menit ini diharapkan mampu merangsang dan memotivasi keinginan anak untuk lebih rajin membaca dan menulis serta dapat diterapkan secara menyeluruh pada setiap tingkatan kelas.




Pembiasaan Berliterasi Reviewed by Andi Darwisa Oktora on September 09, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Literasi Pendidikan ©2018
Powered By Blogger, Designed by Negara Mangkubumi

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh enot-poloskun. Diberdayakan oleh Blogger.