Top Ad unit 728 × 90

Berita Terbaru

recentposts

Studi Banding MGMP IPS

Studi Banding MGMP IPS

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) adalah wadah guru untuk saling berbagi pengalaman, pengetahuan, menemukan solusi dari setiap permasalahan pembelajaran. Selain itu, juga sebagai ajang silaturahim guru mata pelajaran dalam rangka mempererat ukhuwah islamiah sesama manusia. 

Upaya untuk terus meningkatkan kapasitas diri sebagai guru profesional adalah skala prioritas demi menghadapi tantangan yang begitu dinamis pada dunia pendidikan kita saat ini. Apa yang dilakukan MGMP IPS SMP Kab. Wajo melalui kegiatan studi banding ke SMP Negeri 2 Sengkang pada hari Sabtu (18/01) merupakan wujud nyata guru penggerak. Kegiatan ini dari hasil kesepakatan Guru IPS Wilayah II Kab. Wajo yang dikoordinatori oleh Ibu Ernawati Toha, S.Pd., Guru IPS SMPN 2 Keera, dan diapresiasi Rahmat Said, S.E. selaku Ketua MGMP IPS SMP Kab. Wajo.

Terpilihnya SMPN 2 Sengkang sebagai sekolah sasaran studi banding karena rekam jejak prestasi yang telah diraih baik secara kelembagaan maupun personal guru berprestasi di sekolah tersebut. Pada kegiatan studi banding itu, diawali dengan materi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) yang dibawakan oleh Drs. H. M. Effendi, M.Si. selaku pengawas mapel IPS sekaligus pengawas pendamping mapel tersebut. Selanjutnya, materi Gambaran Umum Sekolah Model Kab. Wajo yang diberikan oleh Ibu Najmiah, S.Pd.,M.Pd. selaku Kepala SMPN 2 Sengkang. Tentu materi yang disampaikan terkait apa saja yang harus dilakukan komponen sekolah untuk mewujudkan sekolah yang memenuhi standar nasional pendidikan.






Pembeda kegiatan yang berlangsung pada siang hari yakni materi buku digital. Buku digital salah satu bentuk transformasi kumpulan dokumen, video, atau foto dari manual menjadi digital. Buku digital mudah dibawa ke mana-mana karena wujudnya teknologi berbasis digital. Pada sesi ini dibawakan oleh Bapak Negara Mangkubumi K, S.Pd.,M.Pd.. Menjelang berakhirnya kegiatan, secara berurut-turut Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Analisis Mutu Sekolah diberikan oleh Bapak Muhammad Tahir, S.Pd. dan Rahmat Said, S.E..




Pelaksanaan kegiatan MGMP IPS Wilayah II Kab. Wajo dengan agenda materi yang disajikan terkait dengan pendidikan di era abad 21. Dengan mengusung motivasi dan semangat belajar sepanjang hayat ditunjukkan pada guru-guru IPS yang hadir pada kegiatan tersebut. Semoga tetap istiqomah menjalankan amanah sebagai tenaga pendidik dan berani melakukan perubahan sedikit demi sedikit sehingga dapat menciptakan pembelajaran berkualitas bagi anak didik kita.



Studi Banding MGMP IPS Reviewed by Negara Mangkubumi on Januari 26, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Literasi Pendidikan ©2018
Powered By Blogger, Designed by Negara Mangkubumi

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh enot-poloskun. Diberdayakan oleh Blogger.