Top Ad unit 728 × 90

Berita Terbaru

recentposts

Masa Pandemi Bukan Penghalang Adu Kreativitas Siswa Spenda

 

Masa Pandemi Bukan Penghalang Adu Kreativitas Siswa Spenda

Tidak terasa sudah sembilan bulan kita melakukan aktivitas di rumah sejak surat edaran Bupati Wajo pertama tertanggal 16 Maret 2020 menyatakan bahwa “Meliburkan PAUD/RA, SD/MI, SMA/SMK/MA dan Perguruan Tinggi dengan melakukan aktivitas di rumah masing-masing mulai tanggal 17 Maret s.d. 2 April 2020” kemudian berlanjut hingga kini karena bencana global covid-19 yang menyerang seluruh warga di dunia. Hal ini membuat seluruh aktivitas yang biasa kita lakukan dengan bebas di luar menjadi sangat terbatas. Membuat kita harus mematuhi dan melakukan kebiasaan baru dengan selalu memperhatikan kesehatan, melakukan gerakan 3M (mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak). Membatasi segala aktivitas kerja di luar dengan melakukan work form home dan di bidang pendidikan melalukan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) dan BDR (Belajar dari Rumah) bagi siswa. Hal ini merupakan upaya pemerintah demi memutus rantai penyebaran covid-19.

Tidak seperti biasanya pada pembelajaran tatap muka, PJJ ini dilakukan di rumah dengan tetap memberikan materi dan tugas kepada siswa secara jarak jauh menggunakan gawai. Guru-guru Spenda telah melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara aktif dengan menggunakan berbagai macam platform pembelajaran digital. Pembelajaran menggunakan teknologi ini  menuntut kita untuk selalu kreatif dalam menyajikan materi agar siswa tetap aktif dan bersemangat dalam belajar. Pasti ada hal-hal yang berbeda pada saat kita melakukan pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran daring seperti sekarang ini, namun hal itu tidak menjadi hambatan dalam melakukan pembelajaran bahkan kegiatan-kegiatan lain yang biasa dilakukan di sekolah tetap bisa kita laksanakan. Seperti dalam kegiatan penerimaan siswa baru, bahkan kegiatas MOPLS (masa orientasi pengenalan lingkungan sekolah) dilaksanakan secara daring. Hal ini merupakan pemanfaat teknologi secara maksimal di masa pandemic ini oleh pembina Spenda.

Masa pendemi seperti ini mengubah begitu besar kebiasaan kita saat ini. Gawai menjadi hal primer yang harus dimiliki untuk kelancaran kegiatan kita sehari-hari yang serba terbatas. Begitu banyak aplikasi dan platform yang diciptakan untuk membantu kehidupan pada masa sekarang ini. Teknolgi inilah yang membuat siswa-siwa Spenda yang selama ini lebih banyak waktunya di rumah untuk mengusir kebosanan memanfaatkan gawainya secara maksimal. Begitu banyak hal-hal kreatif yang dilakukan siswa-siswa kita, baik itu editing foto bahkan video-video. Hal ini menjadi pertimbangan bagi Wakasek kesiswaan bapak Negara Mangkubumi, S. Pd., M. Pd. untuk mengadakan lomba Konten Kreatif sebagai ajang adu kreativitas era digital pada masa pandemic ini serta siswa-siswa dapat termotivasi untuk selalu berkreasi dan menjadi tempat mereka menyalurkan bakat.

 


Lomba Konten Kreatif oleh bidang kesiswaan SMP Negeri 2 Sengkang ini dilaksanakan di bulan Oktober 2020 dengan mengangkat tema “Belajar dari Rumah Generasi Bangkit, Indonesia Maju”. Konten lomba yaitu; desain poster, video, dan cerpen. Pendaftaran dibuka mulai 7-10 Oktober melalui link yang telah disiapkan dan mengirimkan hasil karya melalui email sekolah. Lomba ini terbuka untuk seluruh siswa SMP Negeri 2 Sengkang. Acara Lomba konten kreatif secara virtual ini dibuka secara langsung oleh ibu Najmiah, S. Pd., M. Pd. Selaku kepala sekolah dan di hadiri oleh tim juri yaitu dari Lomba video: Negara Mangkubumi, S. Pd., M. Pd., Andi Darwisa Oktora, S, Pd., dan Rayatussalam, S. Pd. Lomba Desain Poster: Abd. Muis, S. Pd., Muriani, S. Pd., Roslina, S. Pd. Lomba Cerpen: M. Hatta, S. Pd., M. Pd., Darlinah, S. Pd., M.M. dan Hafidah Akil, S. Pd. melalui aplikasi zoom.


 

 

 

Dengan bantuan dan dukungan dari ibu dan bapak wali kelas  detail informasi dan kegiatan lomba ini dapat sampai kepada seluruh siswa melalui grup wa kelas masing-masing. Pengumuman lomba tanggal 28 Oktober 2020 melalui website sekolah dan grup WA kelas. Adapun pemenang hasil lomba yaitu kategori video: Febry Andhy kelas 9.1. Kategori desain poster: Juaras 1 Resky Amelia Putri kelas 7.6, juara 2 Febry Andhy kelas 9.1, juara 3 Asmiranda Alisya Aprilia dan juara harapan Ahmad Janwan. Kategori cerpen: Andi Putri Ayu Pratiwi. Hasil karya siswa-siswa yang masuk ini  mendapat apresiasi baik dari para dewan juri. Sebagai reward para pemenang mendapatkan sertifikat dan perlengkapan sekolah.

 



 


Pada pelaksaan lomba ini tentu masih ada kekurangan yang perlu diperbaiki untuk kedepannya terutama dalam partisipasi siswa. Partisipasi siswa dalam mengikuti lomba ini terbilang sedikit kemungkinan karena tidak maksimalnya informasi yang didapatkan seluruh siswa dan masih bingung dalam mengaplikasikan konten dengan tema yang telah ditentukan. masih banyak siswa Spenda yang tentunya memiliki kemampuan dan kreativitas yang jauh lebih baik. Ini menjadi pengalaman bagi kami pembina Spenda kedepannya. Kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi siswa dan menjadi wadah untuk menyalurkan bakat mereka walaupun dalam masa pendemi sekarang ini.








Masa Pandemi Bukan Penghalang Adu Kreativitas Siswa Spenda Reviewed by Andi Darwisa Oktora on Desember 02, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Literasi Pendidikan ©2018
Powered By Blogger, Designed by Negara Mangkubumi

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh enot-poloskun. Diberdayakan oleh Blogger.