Top Ad unit 728 × 90

Berita Terbaru

recentposts

Indahnya Sebuah Kejujuran


Indahnya Sebuah Kejujuran
Oleh : Ariny Amalia Ramadani. R
SMP Negeri 2 Sengkang
Editor : Andi Darwisa Oktora, S. Pd.




Gambar; puniki menawi kasayubin

Jujur itu adalah bahasa hati yang mudah diucap namun sulit untuk diterapkan. Mengapa sangat sulit? Karena jujur adalah bahasa hati yang tidak pernah bohong, tetapi sering kali ditutupi sehingga tidak pernah sesuai dengan perkataan dan perbuatan.
Tahukah kamu ternyata jujur adalah salah satu kunci kesuksesan? Kejujuran juga adalah kunci memperbaiki diri, sebagai contoh jika kita selalu berbohong dan curang dalam ulangan, maka otomatis teman akan menghindar dan menjauh karena merasa terganggu. Namun jika kita tidak curang dan bohong  dalam ulangan, maka teman akan merasa nyaman sehingga kita dipercaya dan disenangi banyak orang. Contoh lain lagi, misalnya kita izin pada orang tua untuk pergi les pelajaran, padahal sebenarnya kita pergi bersama teman-teman di tempat lain. Disinilah rasa kepercayaan orang tua berkurang. Dampaknya adalah ketika kita benar-benar ada kegiatan les, orang tua sudah tidak mengizinkan lantaran kita pernah tidak jujur. Hanya satu kesalahan ini benar-benar sudah tidak dimaafkan lagi,  hal ini bisa berakibat fatal yaitu Kepercayaan terhadap kita mulai hilang
Mengatakan yang sebenarnya adalah keberanian serta menyampaikan yang betul-betul terjadi atau fakta kejadian yang sebenarnya dan merenungi dampak buruk dari berbohong. Satu kebohongan dapat membuat banyak kebohongan lagi karena untuk menutupi satu kebohongan pasti ada kebohongan lain yang tercipta. Jika mengingat dampak buruk yang diterima pembohong, setidaknya kita merasa takut dan tidak ingin berbohong. Kemudian kita harus melatih mental agar tidak mudah tertekan atau dipaksa orang lain untuk berbohong maka dengan itu mental harus dilatih. Menjalankan amanah dengan baik, jika memegang amanah haruslah jujur dan bertanggung jawab karena itu sebuah harapan atau kepercayaan seseorang kepada kita dan kapan kepercayaan itu hancur karena ketidakjujuran maka kita akan kehilangan kepercayaan itu.
Jika kita jujur, banyak sekali manfaat yang kita dapatkan seperti memiliki perasaan tentram dan nyaman mendapatkan keberkahan dalam usahanya, dipercaya, disenangi, selamat dari bahaya. Orang yang jujur walaupun awalnya merasa berat, akan tetapi pada akhirnya dia akan selamat dari berbagai bahaya dan dijamin masuk surga dicintai oleh Allah SWT dan rasul-Nya.
Ada beberapa alasan mengapa kita harus jujur, yang pasti tidak ada orang yang ingin dibohongi dan jujur adalah dasar dari perbuatan baik. Karena sebaik-baiknya Ia jika tidak jujur itu percuma. Berani jujur itu keren!
Jujur merupakan nilai moral yang kini terasa mahal. Bagi seseorang, banyak yang rela berbohong demi keuntungan. Akibatnya mereka mulai melupakan sifat jujur. Kejujuran harus dibudayakan. Jadi sepatutnya kita mempertahankan serta menghindari sifat bohong.
Sifat jujur termasuk ke dalam salah satu sifat baik yang dimiliki oleh manusia. Orang yang memiliki sifat jujur merupakan orang berbudi mulia dan yang pasti merupakan orang yang beriman. Kejujuran merupakan hal penting dalam meraih kesuksesan. Jujur bukan hanya dalam pendidikan atau bisnis, tetapi jujur bisa dari segi manapun.
Memiliki sifat jujur di dalam diri ibarat harta yang berharga. Pembohong sekalipun jika dibohongi pasti tidak menyukainya. Kejujuran adalah kebijakan kita, kita  cenderung untuk menyaring kata-kata dan tindakan sebelum mengatakan atau melakukan suatu perbuatan. Sebagai hasilnya kita akan menjadi orang yang bertanggungjawab yang peduli akan reputasi dan nilai-nilai dalam hidup.
Lalu kenapa jujur adalah kunci kesuksesan? Kejujuran  akan menimbulkan kepercayaan dan kepercayaan akan menjadikan kita lebih mudah bekerja sama dengan orang lain. Disinilah letak awal dari kesuksesan dimulai. Ya itulah sebab sukses butuh kejujuran.
Mengapa saya memilih tema tentang jujur kunci sukses. Karena saya melihat banyak orang yang sering berbohong demi keberuntungan dan disinilah kesempatan saya menuliskan artikel ini untuk mengingatkan kembali agar kita senantiasa berbuat jujur. Kesuksesan hanya milik seseorang yang ingin jujur. Salah satu sabda Rasulullah Q.S. At-Taubah ayat 119 yang artinnya “Hai orang-orang yang beriman. Bertaqwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang yang benar (jujur).” Masyaallah kita diperintahkan agar selalu bersama orang yang jujur namun masih ada saja orang yang menyembunyikan kebenaran. Apa gunanya berbohong? Berbohong sama sekali tidak ada untungnya.
Pertanyaan terakhir! Sudahkah saya jujur dengan mereka? Jika jawabannya belum lalu untuk apa kita mengharapkan orang agar jujur kepada kita, sedangkan kita tidak jujur terhadap mereka.
Bagi saya sekeras apapun kita berusaha, jika tidak memiliki keutamaan yang satu ini maka sia-sia dengan apa yang kita perjuangkan.
Kejujuran adalah modal utama dalam kesuksesan. Percayalah bahwa sifat jujur tidak akan merugikan pemiliknya. Malah kejujuran akan sangat bermanfaat untuk diri sendiri maupun orang lain.
“orang jujur tidak akan ajur
Meski awal hancur
Akhir akan mujur”
Jadilah orang yang kaya akan kejujuran sebab itu mahal.  


Indahnya Sebuah Kejujuran Reviewed by Andi Darwisa Oktora on November 22, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Literasi Pendidikan ©2018
Powered By Blogger, Designed by Negara Mangkubumi

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh enot-poloskun. Diberdayakan oleh Blogger.