Top Ad unit 728 × 90

Berita Terbaru

recentposts

Disiplin, Aku Bisa!


Disiplin, Aku Bisa!
Oleh : Andi Suchi Fajriani Basri
SMP Negeri 2 Sengkang




Disiplin sangat penting bagi pertumbuhan organisasi. Seorang siswa pasti tidak akan lepas dari tata tertib. Di dalam lingkungan rumah pun tidak lepas dari peraturan. Disiplin dapat diartikan tepat waktu terhadap tanggung jawab. Contohnya tidur dan bangun tepat waktu, mengumpulkan tugas atau pekerjaan rumah tepat waktu, mematuhi rambu lalu lintas, menjaga kebersihan, berpakaian lengkap dan rapi sesuai peraturan/ tata tertib sekolah, dan masih banyak lagi. Disiplin adalah sikap yang harus dilatih dan diterapkan sejak dini. Karena tidak semua orang dapat menerapkannya. Dengan menerapkan sikap disiplin sejak dini, maka seseorang akan terbiasa selalu disiplin. Pada awalnya kebiasaan ini cukup berat. Namun lama kelamaan akan menjadi budaya yang tertanam pada diri sendiri. Sebuah sekolah/ rumah tidak akan teratur tanpa adanya peraturan yang dapat membangun sikap disiplin.
Disiplin dianggap terkadang merepotkan oleh sebagian orang. Karena untuk menjadi disiplin, maka kita harus mematuhi banyak aturan dan menjauhi banyak larangan. Terutama bagi remaja milenial sekarang ini. kita lebih mudah melanggar aturan dari pada membentuk karakter yang disiplin. Disiplin sendiri adalah taat dan patuh kepada peraturan/ tata tertib yang berlaku. Tapi sebenarnya disiplin membawa banyak manfaat yang berguna bagi diri kita sendiri. Dan bukannya membuat kita menjadi cupu (Culun Punya/ pemula), disiplin malah membuat kita menjadi lebih keren.
Cara membangun sikap disiplin sebagai berikut; pertama memotivasi diri, untuk membangun sikap disiplin dimulai dengan memotivasi diri (pembiasaan). Kedua kesadaran, kita harus menanamkan kesadaran bahwa kita harus berubah untuk membentuk sikap disiplin yang semakin baik. Ketiga membuat target, membuat target dengan batas waktu tertentu, maka kita akan belajar disiplin dan melaksanakan segala hal dengan teratur. Keempat memiliki komitmen, tanpa adanya komitmen target yang kita buat hanya menjadi wacana saja. Kelima, lakukan dari sekarang. Lakukan semuanya dalam kehidupan sehari-hari.
Banyak hal yang dapat dilakukan untuk membiasakan hidup disiplin. Sebagai seorang siswa pasti dilatih membangun sikap disiplin. Setiap hari senin dilaksanakan upacara bendera. Upacara bendera ini bertujuan untuk melatih kedisiplinan dan kepemimpinan siswa. Seluruh siswa diharuskan berpakaian lengkap yang sesuai dengan tata tertib dan peraturan yang berlaku. Jika ada yang melanggar akan diberi sanksi. Manfaat sikap disiplin yaitu, seseorang mempunyai pola hidup yang teratur, lebih mudah beradaptasi, dapat mengatur waktu dengan baik, melatih diri untuk tidak melanggar aturan, menumbuhkan kemandirian dan menjadi seseorang yang berkarakter.
Disiplin dalam kehidupan sehari-hari adalah perilaku yang mengikuti norma atau etika yang dapat diterima oleh orang lain. Pada awalnya kebiasaan ini cukup berat. Namun lama kelamaan  akan menjadi budaya yang tertanam pada diri sendiri. Disiplin dapat melatih jiwa kepemimpinan seseorang. Dan juga dapat mengantarkan kita kepada kesuksesan. Orang yang disiplin akan selalu menepati janjinya. Seseorang yang memiliki sifat disiplin akan dapat dipercaya dan diberi tanggung jawab.
Disiplin bukan hanya mencakup dalam hal disiplin dalam sekolah saja, tapi disiplin juga  mencakup banyak aspek kehidupan lainnya. Diantaranya disiplin dalam berlalu lintas. Dengan disiplin dalam berlalu lintas, kita dapat berkendara dengan nyaman dan tertib. Dan tentunya ini membawa dampak baik bagi kita sendiri. Kemudian disiplin bukan hanya sampai disitu saja, namun ada juga disiplin dalam lingkungan keluarga. Misalkan ada seorang anak gadis yang diberi jam malam oleh orang tuanya. Jadi anak tersebut harus menaati peraturan tersebut. dan apabila dia menaatinya, maka sikapnya itu juga disebut sebagai tindakan disiplin.
Dengan sikap disiplin juga kita bisa mengatur masa depan yang lebih cerah. Jadi walaupun terkadang terasa merepotkan, tapi disiplin membawa dampak baik juga bagi diri kita sendiri. Tentu saja bukan hanya kepada diri kita, tetapi hal ini bisa menjadi contoh bagi semua orang. Sehingga orang-orang akan ikut tergerak untuk ikut menjadi disiplin. Apalagi kalau mereka menjadikan kita sebagai panutannya. Tentu itu sangat keren bukan? Apa lagi jika kalian ingin jadi sorotan publik. Terkenal sebagai artis, selebgram dan youtuber. Pastinya kalian harus jadi panutan yang baik. Mereka juga melakukan tindakan disiplin loh! Seperti rajin upload foto, video atau semacamnya. Penulis yang terkenal juga melakukannya. Butuh sebuah keseriusan dan kedisiplinan yang ketat untuk dapat sukses. Siapa yang dapat keuntungannya kalau bukan kita sendiri? Kesuksesan seseorang tidak hanya ditunjang oleh ilmu yang tinggi, akan tetapi sangat dipengaruhi oleh sikap disiplin. Begitu pula sikap disiplin menentukan karakter seseorang. Saya memilih tema disiplin itu cool untuk mengingatkan orang-orang betapa pentingnya disiplin itu. Menurut pandangan saya, sikap disiplin itu perlu dibudayakan, karena sikap disiplin dapat memberi dampak baik bagi seseorang.
Dalam Al Quran Surah An-Nisa ayat 59 menjelaskan bahwa betapa pentingnya disiplin itu. “Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri diantara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikan ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.” (Q.S. An-Nisa:59)
Pergi shalat pakai peci
Pakai peci kayak bang haji
Disiplin itu sebagai kunci
Agar jadi berprestasi.


Disiplin, Aku Bisa! Reviewed by Andi Darwisa Oktora on November 01, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Literasi Pendidikan ©2018
Powered By Blogger, Designed by Negara Mangkubumi

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh enot-poloskun. Diberdayakan oleh Blogger.