Top Ad unit 728 × 90

Berita Terbaru

recentposts

Pemilihan dan Pelantikan Pengurus OSIS Baru Periode 2019/2020 SMP Negeri 2 Sengkang

Pemilihan dan Pelantikan Pengurus OSIS Baru Periode 2019/2020
SMP Negeri 2 Sengkang

Penulis:
Venny Nur Ramdani
Farhan Ramadhan

Editor:
Andi Darwisa Oktora


OSIS merupakan organisasi inti sekolah yang memiliki struktur dan program kegiatan sekolah. Pengurus OSIS berperan dalam menyukseskan program kerja yang telah dibuat. Pengurus OSIS dipilih langsung oleh siswa melalui panitia Pemilihan Pengurus OSIS (P3O) yang dibentuk oleh Pembina OSIS pada masa akhir periode.

Masa kepengurusan OSIS periode 2018/2019 telah berakhir dan telah dimissioner, sehingga Pembina OSIS membentuk komite P3O (Panitia Pemilihan Pengurus OSIS). Dalam hal ini  P3O membuka pendaftaran bagi para siswa SMP Negeri 2 Sengkang yang ingin mendaftarkan diri menjadi pengurus OSIS baru periode 2019/2020. Dari hasil pendaftaran tersebut teregistrasi 25 kandidat yang akan mencalonkan diri. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi dalam seleksi tersebut, salah satunya adalah telah mengikuti kegiatan keagamaan pesantren kilat di SMP Negeri 2 Sengkang.

Setelah melalui seleksi persyaratan tersebut, terjaring 4 kandidat yang memenuhi persyaratan dan 21 kandidat dinyatakan tidak lolos. Kandidat yang memenuhi persyaratan kemudian tes wawancara yang diwawancarai oleh Pembina OSIS, Wakasek kesiswaan, dan Kepala Sekolah. Wawancara tersebut dilaksanakan pada hari Kamis, 22 Agustus 2019 bertempat di Mushollah SMP Negeri 2 Sengkang. Wawancara tersebut berlangsung selama 2 jam dengan berbagai pertanyaan mengenai wawasan organisasi, pengenalan sekolah dan lain-lain, serta kesanggupan peserta dalam mengemban tugas sebagai pengurus OSIS ke depannya.



Pada hari Jumat, 23 Agustus 2019 ditetapkan kandidat calon ketua dan wakil ketua OSIS yaitu kandidat pertama Andi Nayla Fadya (kelas 8.1) berpasangan dengan Kayla Novia (kelas 8.1), kandidat kedua Andi Mutmainna (kelas 8.7) berpasangan Nabila Saniyah (kelas 8.6) , kandidat ketiga St. Nur Asia (kelas 8.3) berpasangan dengan Rabiatul Adha Wiyah (kelas 8.3), dan kandidat keempat Andi Maghfira (kelas 8.1) berpasangan dengan Putri Anastasya Yusuf (kelas 8.1). Mereka diberikan kesempatan memaparkan visi dan misi di depan seluruh siswa dan Pembina SMP Negeri 2 Sengkang. Pemaparan visi dan misi ini diharapkan mampu memberi informasi khususnya bagi para pemilih terhadap ide dan program kerja para kandidat selama menjabat sebagai pengurus OSIS baru nantinya.



Setelah pemaparan visi dan misi, panitia P3O mengkoordinir pemilihan langsung dengan membagikan kertas kosong berstempel untuk para siswa untuk memilih siapa kandidat yang dianggap mampu menjadi pengurus OSIS selanjutnya. Kertas pemilihan kemudian dikumpulkan dan secara terbuka dilakukan penghitungan surat suara. Dari hasil perhitungan suara, total suara mencapai 568 suara dengan rincian 544 suara yang sah dan 24 suara yang tidak sah. Perolehan suara kandidat pertama sebanyak 174 suara, kandidat kedua sebanyak 9 suara,kemudian kandidat ketiga sebanyak 32 suara,dan kandidat keempat  sebanyak 329. Dari hasil pemilihan tersebut suara terbanyak di peroleh oleh kandidat keempat yang terpilih menjadi ketua dan wakil ketua OSIS baru yaitu Andi Maghfira dan Putri Anastasya Yusuf.

Setelah ditetapkan sebagai Ketua dan Wakil Ketua OSIS (pengurus baru), P3O melaksanakan pelantikan pengurus OSIS periode 2019/2020 yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Sengkang pada tanggal  27 Agustus 2019. Pelantikan ini di hadiri oleh kepala sekolah, pembina osis, urusan kesiswaan, beberapa pembina, dan disaksikan oleh seluruh siswa SMP Negeri 2 Sengkang. Pelantikan pengurus di lantik langsung oleh Kepala Sekolah  SMP Negeri 2 Sengkang dengan membacakan ikrar dan diikuti oleh seluruh Pengurus OSIS baru dan dilanjutkan dengan pembacaan kesan dan pesan dari pengurus OSIS lama periode 2018/2019 disertai dengan  penciuman bendera oleh seluruh Pengurus OSIS baru yang telah dilantik.



Harapan dari segenap siswa SMPN 2 Sengkang agar Pengurus OSIS baru dapat menuangkan ide-ide cemerlang yang lebih kreatif untuk program kerja kegiatan OSIS sehingga dapat meningkatkan prestasi siswa pada khususnya dan sekolah pada umumnya. Semoga kedepannya pengurus dapat mengemban amanat ini dengan baik.



Pemilihan dan Pelantikan Pengurus OSIS Baru Periode 2019/2020 SMP Negeri 2 Sengkang Reviewed by Andi Darwisa Oktora on September 05, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Literasi Pendidikan ©2018
Powered By Blogger, Designed by Negara Mangkubumi

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh enot-poloskun. Diberdayakan oleh Blogger.