Top Ad unit 728 × 90

Berita Terbaru

recentposts

Kepala SMPN 2 Sengkang menghemat Jutaan Rupiah

Kepala SMPN 2 Sengkang menghemat Jutaan Rupiah


Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim telah mengeluarkan empat kebijakan penting sebagai awal perubahan kecil demi dampak besar yang positif menanti setelahnya. Mas menteri panggilan akrab beliau menghendaki setiap insan pendidik bergerak bersama-sama melakukan perubahan kecil. Sesungguhnya keberhasilan dan kemajuan pendidikan berawal dan berakhir di guru. Oleh karena itu, guru sebagai pendidik diharapkan berinovasi dengan melahirkan ide-ide kreatif dan membagikan keberhasilan tersebut kepada kawan-kawan guru lain seprofesi. 

Kadang kala untuk memulai akan terasa berat tapi yang dilakukan oleh guru SMPN 2 Sengkang adalah tantangan bagi mereka. Sejak tanggal 2 - 3 Desember 2019, penginputan soal secara online dan mandiri dimentori langsung oleh Bapak Negara Mangkubumi K, M.Pd. bertempat di Laboratorium Komputer SMPN Negeri 2 Sengkang. Ini merupakan salah satu agenda penting dari Urusan Kurikulum Ibu St. Nadwah, S.Pd. Selama tiga hari kegiatan berlangsung, antusias dan semangat yang ditunjukkan guru-guru.















Bingung, cemas, panik, kegembiraan, percaya diri bercampur aduk mewarnai kegiatan tiga hari tersebut. Hasilnya pun memuaskan dengan berlangsungnya Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 pada hari ini, Senin, 16 Desember 2019. Kegiatan PAS kali ini dilaksanakan secara serentak seluruh siswa SMPN 2 Sengkang menggunakan Smartphone Android. Penilaian sebagai bagian dari evaluasi selama satu semester tidak lagi menggunakan kertas. Untungnya lagi, guru-guru tidak perlu repot memeriksa secara manual hasil kerjaan siswa. Bahkan guru tinggal menunggu hasil perolehan siswa cukup duduk manis sambil mengontrolnya melalui smartphone masing-masing guru. Kerennya lagi, guru dapat mencetak analisis tiap item soal terkait jumlah siswa yang menjawab benar atau salah.







Dengan pelaksanaan PAS berbasis android semuanya serba mudah hanya sekali klik. Apa yang telah dilaksanakan pada hari ini berkat kerjasama seluruh pihak dan keputusan Kepala SMPN 2 Sengkang Ibu Najmiah, S.Pd.,M.Pd. Keputusan yang diambil kepala sekolah telah menghemat Jutaan Rupiah. Bayangkan jika ujian masih dilakukan berbasis kertas, berapa banyak rim kertas yang harus dicetak dan berapa banyak lembar  soal yang mesti difotocopy. Dan yang pasti mengeluarkan biaya jutaan rupiah. Sistem cloud computing telah hadir di SMPN 2 Sengkang dengan memberikan efisiensi, efektivitas, dan terukur dalam menilai hasil pekerjaan siswa.


Kepala SMPN 2 Sengkang menghemat Jutaan Rupiah Reviewed by Negara Mangkubumi on Desember 16, 2019 Rating: 5

1 komentar:

All Rights Reserved by Literasi Pendidikan ©2018
Powered By Blogger, Designed by Negara Mangkubumi

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh enot-poloskun. Diberdayakan oleh Blogger.