Top Ad unit 728 × 90

Berita Terbaru

recentposts

Portal Rumah Belajar



Portal Rumah Belajar

Pembelajaran yang ideal sangat diimpikan dalam memperoleh pendidikan yang berkualitas. Hal ini merupakan ekspektasi dari setiap insan pendidikan yang terlibat di dalamnya. Pencapaian mutu adalah jaminan eksistensi kehandalan sumber daya manusia dalam setiap perubahan. Di era sekarang ini pemanfaatan TIK (Teknologi Komunikasi dan Informasi) menjadi urgensi dari berbagai sendi kehidupan. Dunia maya pun memegang sentra penting dalam pendidikan di Indonesia.
Terbukti bahwa pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memanfaatkan dunia maya dalam peningkatan mutu pendidikan dan kompetensi para guru. Kemdikbud melalui Pusat  Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustekkom) mengembangkan salah satu portal rumah belajar online dengan domain https://belajar.kemdikbud.go.id. Portal rumah belajar ini mengusung pembelajaran jarak jauh yang berbasis internet. Portal rumah belajar Kemendikbud yang dibuat oleh pemerintah menyediakan sebuah fasilitas E-learning untuk jenjang pendidikan SD, SMP, dan SMA yang dapat diakses dengan mudah oleh semua siswa dan guru dari seluruh Indonesia melalui jaringan yang terhubung oleh internet.

         Dalam portal ini terdapat berbagai pilihan sumber belajar baik bagi siswa maupun masyarakat umum. Portal ini, juga menyediakan wahana pengembangan kreativitas dan saling berbagi secara kolaboratif di antara siswa, guru, maupun masyarakat umum. Portal rumah belajar ini memiliki berbagai macam fitur-fitur yang dapat dimanfaatkan user, diantaranya fitur utama dan fitur pendukung. Fitur utama terdiri dari kelas digital, sumber belajar, bank soal, laboratorium maya, buku sekolah elektronik, modul digital, peta budaya, wahana jelajah angkasa, dan pengembangan keprofesian berkelanjutan. Sedangkan fitur pendukung terdapat karya komunitas, karya guru, dan karya bahasa dan sastra. Semua fitur ini bisa digunakan siapa saja karena peruntukkannya agar dapat membuat pembelajaran semakin mudah dilakukan baik melalui smartphone atau pun perangkat komputer lainnya karena portal ini berbasis web.
Daya tarik portal ini adalah setiap pengunjung  bisa mendapatkan penjelasan materi pelajaran secara komprehensif dan interaktif. Setiap materi akan dikupas mulai dari kompetensi, materi, simulasi, latihan, dan tes. Seluruhnya disajikan dengan menggunakan audio video dan animasi, sehingga diharapkan akan memudahkan siswa memahami materi terkait. Tak hanya itu, melalui laman itu siswa dapat menggunakan sebagai bahan belajar alternatif, baik itu di dalam atau pun dan luar jam sekolah.



Hadirnya rumah belajar sebagai bagian pemanfaatan teknologi yang terus berkembang dan merupakan alternatif yang baik dalam pembelajaran, karena selain tidak merogoh kocek, materi-materinya telah sesuai dengan kurikulum berjalan dan telah dikaji bersama dengan guru-guru kompeten. Secara umum, manfaat rumah belajar adalah sebagai sumber bahan belajar, sarana komunikasi dan kolaborasi, dan wahana pengembangan profesionalisme guru. Dengan adanya portal rumah belajar dapat membantu memenuhi kebutuhan siswa dan guru di sekolah. Melalui layanan rumah belajar ini pula dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan.


Portal Rumah Belajar Reviewed by Negara Mangkubumi on Oktober 15, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Literasi Pendidikan ©2018
Powered By Blogger, Designed by Negara Mangkubumi

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh enot-poloskun. Diberdayakan oleh Blogger.