Top Ad unit 728 × 90

Berita Terbaru

recentposts

Siswa SMP Neg. 2 Sengkang Mengikuti Keg. Pendidikan Karakter, Deradikalisasi & Moderasi PAI SMP Angkatan III


Siswa SMP Neg. 2 Sengkang Mengikuti Kegiatan
Penguatan Pendidikan Karakter, Deradikalisasi dan Moderasi PAI SMP (Angkatan III)
Oleh : Ariny Amalia Ramadani
Penguatan pendidikan karakter, deradikalisasi dan moderasi PAI SMP merupakan program pemerintah khususnya kementerian agama untuk memberikan wawasan yang luas tentang pentingnya berkarakter kepada anak SMP. Program ini diikuti oleh beberapa Provinsi di Sulawesi dan diwakilkan 4 orang dalam satu kabupaten. Acara ini dilaksanakan pada hari Rabu s.d. Jumat 18 s.d. 20 September 2019. Tempat diadakannya kegiatan tersebut di Harper Perisntis Makassar.









Sebelum mengikuti kegiatan tersebut, perwakilan tiap kabupaten mengirimkan tulisan/artikel ke alamat email dengan memilih salah satu tema yang telah ditentukan oleh panitia. Kami dari perwakilan Kab. Wajo memilih tema artikel yaitu “Disiplin itu Cool” oleh Ariny Amalia Ramadani , “Jujur Kunci Sukses” oleh  Andi Suchi Fajriani Basri dan Muh. Sadekan , serta  “Mimpiku untuk Indonesia” oleh Muhasraf.
Dari pengalaman yang kami dapatkan banyak sekali pengetahuan baru. Mulai dari membiasakan diri dalam disiplin, seperti disiplin tepat waktu untuk masuk ke ruangan menerima materi, sampai disiplin dalam beribadah. Selain disiplin kami juga dituntut untuk percaya diri seperti aktif dalam materi tanya jawab.


Banyak rangkaian kegiatan yang kami lakukan selama kegiatan tersebut. Pertama, kami dibentuk kelompok yang terdiri dari beberapa provinsi dan kabupaten. Kemudian kami diberi waktu satu menit untuk saling mengenal satu sama lain. Selanjutnya, kami diberi tugas masing-masing. Mulai dari ketua, tiga orang notulen, tiga orang yang bertugas untuk tausiyah dan satu orang sebagai seksi kebersihan. Kegiatan selanjutnya yang kami lakukan adalah khataman Al Qur’an 30 jus, tausiyah setiap 1 perwakilan dari kelompok masing-masing, senam bersama, bermain, kerja kelompok untuk mengatur program Rohis. Mulai dari program harian hingga program tahunan.




Banyak sekali pengalaman yang kami dapatkan selama mengikuti kegiatan ini, disinilah kami merasakan arti kuat dari perbedaan dan betapa pentingnya persatuan. Tidak ada manusia sempurna namun jika bersatu maka akan ada kesempurnaan. Itulah yang kami dapatkan dan begitulah kami diajarkan oleh bapak/ibu pemateri kepada kami.   


Siswa SMP Neg. 2 Sengkang Mengikuti Keg. Pendidikan Karakter, Deradikalisasi & Moderasi PAI SMP Angkatan III Reviewed by Andi Darwisa Oktora on September 29, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Literasi Pendidikan ©2018
Powered By Blogger, Designed by Negara Mangkubumi

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh enot-poloskun. Diberdayakan oleh Blogger.