Top Ad unit 728 × 90

Berita Terbaru

recentposts

Kegiatan Ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Sengkang


Kegiatan Ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Sengkang
Oleh: Nurfadillah dan Elvira Mayori

SMP Negeri 2 Sengkang  adalah  sekolah bermutu di Kab. Wajo yang setiap tahunnya  mengadakan kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ini memberikan kesempatan bagi siswa   untuk menyalurkan bakatnya sehingga tampil percaya diri dan memiliki jiwa kepemimpinan. Untuk semester berjalan 2019/2020, terdapat 16 jenis ekstrakurikuler diantaranya seni suara, seni musik, seni tari, PMR (Palang Merah Remaja), BTQ (Baca Tulis AL-QUR’AN), Jurnalistik, Math Lovers, English Club,Wirausaha, BolaVolly, Takraw, Pencak Silat,Tennis Meja, Atletik, LBB/PASKIB, dan Pecinta Alam. Untuk pemilihan ekskul , siswa dapat memilihnya sesuai dengan  bakat yang mereka miliki. Ekskul ini rutin dilakukan setiap sekali dalam seminggu dan ada yang mengadakan tiga kali seminggu. Kegiatan ekskul yang paling banyak diminati oleh siswa adalah PMR (Palang Merah Remaja) dengan jumlah 126  siswa dengan pembina pendamping ada 4 orang. Siswa begitu sangat semangat mengikuti kegiatan ini karena banyak keseruan dan hal- hal baru yang membuat siswa belajar berorganisasi. Dalam ekskul  ini siswa diajarkan peduli terhadap sesama, tolong menolong,dan bekerja sama.



Ada pula kegiatan ekstrakurikuler yang mengajarkan kita tentang nilai-nilai keagamaan sehingga dapat melatih siswa menjadi pribadi yang taat terhadap agama. Ekskul itu adalah  BTQ (Baca Tulis AL-Qur’an). Siswa yang terlibat dalam kegiatan ekskul ini ada 60 siswa dengan jumlah pembina pendamping 5 orang. Bakat dan kreativitas bidang tarik suara dapat diasah pada ekskul seni suara.  Jumlah siswa yang mengikuti kegitan eskul seni suara ada 10 siswa dan pembina pendamping ada 1 orang. Sementara ekstrakurikuler seni musik bersinergi dengan seni suara. Ekskul seni musik mengajarkan cara memainkan alat musik dengan benar dan tepat. Siswa yang mengikuti ekskul seni musik berjumlah 24 orang dengan pembina pendamping 1 orang. Ekskul seni tari mengajarkan siswa berbagai gerakan tari baik tari tradiosonal, modern, atau kontemporer. Sisw yang terlibat ada 10 orang dengan pembina ada 1 orang.



Ada juga ekskul sepak takraw yang diminati oleh siswa laki laki karena di dalam ekskul ini siswa diajarkan berbagai teknik dasar dalam memainkan sepak takraw. Siswa yang mengikuti ekskul sepak takraw ada 25 orang dengan pembina pendamping ada 2 orang. Ada pula ekskul tenis meja yang mengajarkan siswa cara pemegangan bet dengan bermain tenis meja dan dimulai dari teknik dasarnya. Jumlah siswa yang terlibat pada kegitan ekskul tenis meja ada 18 orang dan jumlah pembinanya ada 3 orang.

Pengenalan tentang alam baik pelestarian hingga penjelajahan, siswa dapat tergabung pada ekskul Pecinta Alam (KIPAS). siswa yang mengikuti ekskul ini ada 25 orang dengan jumlah pembina ada 3 orang. Kegiatan ekskul pencak silat lebih kepada belajar bela diri. Jumlah siswa yang mengikuti kegiatan ekskul Pencak Silat ada 40 orang dengan pembina 1 orang. Selain itu kegiatan yang melatih kepemimpinan siswa dan juga melatih kedisiplinan siswa yaitu eskul LLB/PASKIB. Siswa yang mengikuti ekskul ini ada 19 orang dan pembina 1 orang. Kegiatan yang mengajarkan siswa tentang mata pelajaran matematika yaitu ekskul Math Lovers dengan jumlah siswa yang mengikuti ekskul tersebut ada 18 orang dan pembina 1 orang. Selain itu, ada juga kegiatan yang mengajarkan siswa melakukan peliputan dan menuliskan berita yaitu ekskul jurnalistik dengan jumlah siswa yang mengikuti kegiatan ini ada 18 siswa dan pembina 4 orang. Sedangkan ekskul English Club diperuntukkan siswa yang memiliki bakat di bidang bahasa Inggris dengan jumlah siswa 26 dan pembina 1 orang. Ekskul yang mengajarkan siswa untuk berwirausaha dan mengembangkan bakat enterprenuership yaitu ekskul wirausaha dengan jumlah siswa 11 dan 2 orang pembina. Selain itu ada juga olahraga yang memberikan kesempatankepada siswa untuk mengembangkan bakat bermain volli melaluiteknik dasar bola volly yaitu ekskul bola volly dengan jumlah siswa kurang lebih 80 orang dengan 5 orang pembina. Ekskul yang mengembangkan bakat siswa bidang atlet diikuti  jumlah siswa 15 dengan 1 orang pembina.




Semoga dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler yang berlangsung di SMP Negeri 2 Sengkang dapat menjadi wadah dan ajang bagi siswa lebih mengembangkan bakatnya. Oleh karena itu, prestasi bidang akademik dan non akademik dapat diraih melalui siswa-siswa yang berbakat di bidangnya.

     



Kegiatan Ekstrakurikuler di SMP Negeri 2 Sengkang Reviewed by Andi Darwisa Oktora on September 24, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Literasi Pendidikan ©2018
Powered By Blogger, Designed by Negara Mangkubumi

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh enot-poloskun. Diberdayakan oleh Blogger.